Apple Maps bikin masalah (lagi!)


Oops, aplikasi Apple maps bikin masalah (lagi!).

Hari ini install Google map di iPhone 5 ku, karena seminggu lalu pakai Apple map sewaktu cari tempat pemakaman di Bekasi, terasa sulit dan tidak intuitive! Begitu juga beberapa kali aku temukan banyak tempat atau lokasi yang salah nama atau salah tempat.
Eh , koq kebetulan baca berita, baru kemarin : Apple maps bikin masalah lagi.

Sebuah bandara di Alaska – Fairbank International Airport sampai terpaksa menutup – membuat blokade di jalan masuk mereka, karena dalam 3 minggu terakhir ada dua pengendara mobil yang menerobos masuk,  menyusuri taxiway dan …. melintas runway! Ini karena mereka memakai GPS, penunjuk arah dari aplikasi Apple maps di iPhone mereka, yang katanya ‘keukeuh’ memaksa melintas runway, yang seharusnya menuntun mereka melambung ke tempat parkir mobil!.

Pihak airport sudah mengajukan keluhan kepada Apple melalui jaksa (Distric Attorney) setempat. Mereka tidak akan membuka barikade ini sampai Aplikasi Apple map di perbaiki.
padahal tahun lalu, saat Apple menghapus Google Maps dari iPhone, dan menggantikan dengan Aplikasi peta mereka sendiri, ternyata banyak keluhan masuk dari para pemakai dari seluruh dunia, dari yang biasa — salah jalan, dan menghabiskan waktu, sampai yang berbahaya menerobos daerah tertentu yang terlarang atau tersesat kedaerah yang bisa mengancam jiwa.

Apple maps mengarahkan menyusur taxiway lalu melintas runway

Apple maps mengarahkan menyusur taxiway lalu melintas runway

Google maps

Google maps menggiring pengendara melambung agak jauh untuk mencapai parkir mobil.

Apple maps menuntun untuk melintas runway, sedang Google maps menggiring pengendara melambung agak jauh untuk mencapai parkir mobil.

Polisi Australia juga pernah memberikan peringatan kepada para turis pengendara mobil, karena beberapa pengendara ada yang tersesat dan terrjebak di tengah sebuah national park, setelah di beri arahan yang salah menuju kota Mildura di Victoria, Australia.

Untuk itu bos  Apple (Tim Cook) sudah minta maaf dan janji akan memperbaiki aplikasi map di Apple. Ini sebenarnya hal yang jarang terjadi, banyak yang heran, karena kalau Steve Jobs, masih hidup, dipastikan dia tidak akan minta maaf.

Setahun berlalu, walaupun memang sudah ada perbaikan, tapi nyatanya masih muncul juga ‘bug’ nya! Ketika ada pihak BBC mencoba kembali melewati rute yang sama, ternyata masih sama! Apple maps masih menuntun untuk – yang melintas runway. Runway ini biasa di pakai oleh Boeing 737! .. untung tidak terjadi kecelakaan.

Sebaliknya waktu dicoba memakai Google maps, aplikasi ini memberikan rute yang lebih panjang menghindari runway, untuk menuju tempat parkir mobil.

Pihak Apple berjanji lagi, katanya Rabu ini akan di perbaiki.

Sebenarnya salah seperti diatas banyak terjadi di aplikasi map lainnya, tapi karena Apple perusahaan raksasa dan sangat dominan di pasar, maka beritanya jadi bikin heboh kemana-mana . Kasihan juga Apple …….

Kasihan? Ngga juga sih, soalnya Apple tidak biasanya me ‘release’ produk yang belum di test atau diperiksa dengan baik, apalagi ternyata masih banyak cacatnya – ini suatu kesalahan yang parah dan tidak bisa diterima untuk perusahaan sekelas Apple.

Ini kelihataanya hanya tindakan yang tergesa-gesa dari Apple yang dilandasi ‘dendam-kesumat’ untuk menyingkarkan saingan beratnya Google. Padahal dengan keuntungan besar yang dihasilkan Apple bisa membeli atau menyewa orang-orang yang ahli dan sudah berpengalaman dalam pembuatan aplikasi peta. Apple kali ini salah perhitungan, mereka tidak mengira implikasi aplikasi peta ternyata dampaknya amat luas.

Mereka juga mengira dengan dengan ‘menendang’ Google maps dari iPhone, maka pengguna iPhone tidak lagi bisa memakai aplikasi Google.

Nyatanya Google bisa mencari solusi dengan membuat versi khusus aplikasi Google maps yang bisa tetap bisa di installed di iPhone – Jadinya langkah Apple merupakan langkah mahal dan sia-sia untuk menjauhkan pengguna iPhone memasang Google maps di iPhone.

****

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s