Mau Nyetir Mobil Exotic ?


Stop Dreaming …..  Start Driving …………

GOTHAM DREAM CAR

Gotham Dream car Sprint Test Experience

Walaupun aku pengila mobil, tapi belum pernah aku mengemudikan mobil-mobil exotic seperti Ferrari atau Lamborghini. Orang-orang seperti kita hanya bisa bermimpi dan membayangkan saja, bagaimana rasanya membejek pedal gas dimana ada 500 sampai 640 hp ( horse power), dibawah kaki kita. (tapi maaf , kalau ternyata diantara kita, sudah ada yang punya salah satu mobil exotic ini — boleh pinjam dong,  sekali saja !…)

Paling banter yang pernah ku coba adalah BMW – M3 dengan mesin racikan dari Hartge – 240 HP. Ketika itu aku sedang belajar di UK, dan ada acara pertemuan BMW Club di sirkuit Donnington, Inggeris Utara. Kecepatan tertinggi yang pernah kucoba disini ‘hanya’ 260 km/jam.

Nah,  ini  sekarang ada kesempatan untuk mengemudikan mobil-mobil exotic    ( lihat daftar).  Anda tidak perlu punya rekening gendut di Bank, atau mengedor rumah mertua untuk minta pinjaman lunak, tapi cukup hanya $ 100  saja ! Lho? .. koq bisa ?

Ada sebuah perusahaan Rental Mobil yang barangkali bossnya, otaknya sedikit kurang beres, karena dia memasarkan perusahaan dengan hanya menarik biaya $ 100 (pakai kupon), atau $ 250 kalau tanpa kupon. Hanya dengan uang segitu  anda bisa mengemudikan mobil-mobil exotic yang ditawarkan hanya pada waktu-waktu tertentu saja.

Tapi jangan keburu senang dulu, masalah nya — perusahaan rental mobil rada gila ini adanya di NewYork dan Miami.

Setelah dipelajari lebih dalam, ini memang satu filosofi pemasaran yang gila dan penuh risiko. Mereka sudah mempelajari demografi orang-orang yang berduit dan bisa membeli mobil-mobil ‘super car’ ini memang tidak banyak. Tapi lebih banyak segmen masyarakat yang hobby berat terhadap mobil-mobil seperti ini dan uangnya hanya pas-pasan saja untuk membelinya. Sebaliknya paling besar jumlahnya justru golongan orang ‘kebanyakan’ seperti kita yang cuma punya keinginan mengendarai  mobil jenis supercar ini, tapi duit gak punya.

Logika sipemilik rental : kapan orang-orang  ini bisa merasakan ‘kedahsjatan’ nya mobil-mobil supercar, kalau belum pernah mencoba mengemudikannya. Diharapkan setelah mencoba, keinginan mereka akan bertambah besar.

Nah, segmen masyarakat inilah yang digarap oleh pemilik persewaan mobil exotic, yang nyentrik  ini.

Mereka memilih kalau ada acara-acara besar seperti ‘Superbowl’ (pertandingan football America).  Selama satu minggu  dalam rentang hajatan Superbowl, mereka menyulap lapangan parkir stadion yang akan dipakai Superbowl, menjadi ajang untuk memamerkan mobil-mobil exotic mereka dan sekaligus merancang jadi sirkuit mini-autocross untuk dipakai bagi mereka yang berniat mencoba mengendarai  mobil-mobil  ini.

Apa syaratnya selain punya uang di dompet $ 100? ternyata gak susah juga,  tinggal isi formulir, lalu tunjukkan anda punya SIM dan bukti sah ansuransi yang valid.

Jadi, bisa apa anda dengan uang $100 ?  Inilah yang akan dapatkan : 3 lap mengelilingi sirkuit autocross dengan seorang instruktur duduk dibangku penumpang. Bisa juga anda memilih opsi lain untuk melihat bagaimana kemampuan supercar ini beraksi; maka anda yang duduk di kursi penumpang dan si instruktur profesional akan mengemudikan mobil sampai batas kemampuannya  – sebelum terjadi kecelakaan tentunya !.

Apakah cukup berharga  mengeluarkan uang $ 100,  cuma bisa mengendarai mobil ini selama 15 menit?  Menurut mereka yang sudah mencoba, memang merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus mendebarkan.

Bayangkan mobil-mobil  ini berkekuatan diatas 400 hp, bagaimana rasanya G-Force yang menekan dada anda  pada lonjakan dan perpindahan  tiga  gigi yang pertama — akan terasa amat dahsyat untuk mobil yang benar-benar supercar . Terbukti sudah ribuan orang mencobanya dan semua setuju dengan pendapat ini seperti yang di amini oleh pemilik, pendiri Gotham Dream cars – Noah Lehmann-Haupt  yang mengatakan : “the Dream Car Sprint is an everyman experience.”

Bayangkan lagi, perasaan anda naik mobil yang harganya  $ 250,000 (di Indonesia bisa dua atau tiga kalinya – Rp 5 – 7 milyar).

Soal harga ini kebetulan aku tahu, karena pada suatu hari Minggu, kebetulan aku melintas didepan showroom Rhyss di jalan Radio Dalam, ketika kulihat sebuah Ferrari F 430 berwarna kuning  bertengger dengan gagahnya. Kupaksakan mobil ku putar balik  dan masuk ke halaman parkir Rhyss Showroom untuk melihat mobil ini dari jarak dekat, yang kebetulan berwarna kuning – warna favorit ku.

Dengan memasang gaya orang berduit,  aku masuk  ke dalam showroom, serta merta disambut oleh salah satu sale girl  yang ada disitu. Langsung ku hampiri Ferrari F 430,  sedikit jalan mengeliling mobil, lalu kutanya  kepada sale girl nya berapa harganya.

Dia menjawab kalem :” 4 koma tiga pak “, sudah jelas maksudnya 4.3 milyar!  Aku tetap pasang muka serius, untuk menyembunyikan rasa terkejutku, soalnya kutahu dari si sale girl bahwa ini mobil second, bukan brand new. Aku lanjutkan bertanya lagi :

” Boleh masuk dan coba duduk?”, dijawab dengan sigab

” Bisa pak, sebentar saya ambil kuncinya “.

small F430-Dash-1920x1440

Allamaak !, ternyata hanya sampai disitu my ‘close  encounter’ dengan mobil supercar, yaitu sekedar duduk didalamnya dan pegang-pegang steering wheel dan mematut-matut posisi duduk seandainya aku akan bisa mengendarainya — uugh.. , very distressing !

Nah, soal harga nya yang selangit ini, juga membawa masalah sendiri, bagaimana kalau sedang dalam masa sewa, kemudian terjadi kecelakaan? dan ini bukan mustahil bisa terjadi.

Seperti pernah ku tulis dalam salah satu artikelku tentang sifat-sifat kita mengendarai mobil (Safety Through Danger), yaitu kita kerap tertipu dengan apa yang disebut ‘false safety’ –  banyak orang  terjebak dengan situasi ini.  Kalau mereka sudah duduk dalam mobil supercar, seakan terjadi transformasi dalam diri, mereka mengira mobil-mobil ini mampu berlari amat kencang dan sudah di rancang untuk itu, lebih parah lagi mereka merasa sudah menjadi perally atau pembalap, langsung tancap gas yang akibatnya bisa fatal seperti terjadi baru-baru ini di Singapura.

Banyak yang mempertanyakan ‘manfaat’ dari ‘bukti kepemilikan yang sah atas asuransi’  ini. Masalahnya apabila benar-benar terjadi kesalahan atau kecelakaan, apakah cukup jumlah asuransi yang dipunya para penyewa ini untuk mengganti biaya kerusakan, yang mestinya cukup besar untuk kelas mobil ‘super car’ .

Kita tidak tahu, bagaimana penyelesaiaannya, tapi memang pernah terjadi kecelakaan dalam ajang promosi sewa mobil exotic ini. Tapi …. buktinya perusahaan ini masih hidup dan bekembang , bahkan kabarnya ada rencana untuk membuka cabang international.  Dari banyaknya peserta  untuk mendaftar, setiap di adakan acara seperti ini, tentu uang yang dihasilkan juga cukup banyak.

Ini memang suatu pemikiran yang agak gila tapi inovatip dan menyegarkan, terutama untuk kita-kita yang cuma bisa meneguk air liur, ketika melihat mobil-mobil exotic ini melaju berjalan pelan  di depan kita, seakan memamerkan dirinya atau sengaja di pamerkan oleh yang empunya.

Mobil-mobil exotic  apa saja yang ada ? Kalau melihat daftar mobilnya dibawah ini, kita memang hanya bisa menelan air liur …

Welcome to Gotham Dream Car ™ — New York & Miami’s premier exotic car rental company featuring “ultra-exotic” and luxury vehicles from the most exclusive manufacturers in the world, including Ferrari, Lamborghini, Bentley, Aston Martin, Maserati, and more.

f430_front1_resize

Stop Deaming ……………. Start Driving .

Our fleet of exotic and luxury rental cars consists of the following world-renowned supercars:

Miami / South Florida

Siapa mau coba? , tapi jangan lupa, selain $ 100, sediakan juga tiket pesawat – return Jakarta- NewYork. Ini belum termasuk ongkos menginap di hotel di NewYork atau Miami yang terkenal kota yang mahal. Seandainya uang anda, setelah pinjam kiri kanan pun masih tidak cukup… jangan kuatir, anda tetap bisa memuaskan diri dengan meng ‘klik’ nama-nama mobil dalam daftar diatas; paling tidak mata anda akan terpuaskan ……….

Happy …. dreaming, ………. driving a Lamborghini Galardo   or a Ferrari F430 Spider. So  exhilarating !

….. Stop Press !

Ketika baru aku selesai menulis ini, aku kebetulan membaca : kalau anda tetap masih berminat …. Ada pilihan yang lebih murah, ternyata di Singapura juga sudah ada perusahaan persewaan mobil exotic ini, yaitu di Ultimate Drive Singapore  alamatnya di:

Marina Bay Sands, 1 Bayfront Avenue, #01-03 Hotel Tower 3 (VIP)
Singapore 018971, Tel +65 6688 7997Singapura.

Bedanya di Singapura mereka hanya punya dua supercar yaitu satu Ferrari F 430 Spyder dasatu Lamborghini Galardo Spyder, dan hanya dua itu.

Mobil jenis spyder adalah mobil yang bagian atapnya bisa dilipat, sehingga anda akan mengendarai mobil tanpa atap. Memang itu tujuannya; dan yang di Singapura kelihatan dari videonya, hanya sekedar pasang aksi dan jual tampang saja, soalnya di Singapura dimana anda bisa mengemudikan mobil supercar dengan kencang ? setiap 200 meter ada traffic light. Kecuali kalau boleh bawa mobil ini lewat tengah malam.

Tapi …..  lagi-lagi, teori ku terbukti dan yang kutakutkan terjadi, justru ditengah malam dalam kondisi jalan sepi, orang mengira semua orang sudah tidur dan si pengemudi supercar, yang kebanyakan hanya pengemudi ‘biasa , bahkan mungkin tidak menguasai ‘defensive driving’, mengira dia menjadi Sebastian Vettel lalu  mengubah jalan raya menjadi sirkuit balapan.

Dalam kecelakaan di Singapura, pada jam 4:00 pagi, sebuah Ferrari meluncur dengan kecepatan 180 km/jam menghampiri sebuah perapatan, tiba-tiba muncul dari sebelah kiri sebuah taxi dan …. mobil seharga S$ 1,800,000- ‘ gone in sixty second ‘, termasuk satu mobil taxi, satu sepeda motor dan tiga nyawa melayang. What a waste !

BS

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s