Rumah Prefab Ikea

Exterior Rumah Prefab IKEA

Membuat Rumah PreFab.

Mendesain dan membangun rumah prefab, selalu menjadi  keinginanku sejak masih menjadi mahasiswa, karena mata kuliah yang sangat menarik diberikan dosen dan sekaligus juga atasan ku di Perusahaan  — Bapak  ir. Ary Mochtar Pedju, M.Arch. dengan kuliahnya : SBL – Struktur Bangunan Lanjutan.

Pelajaran baru ini sungguh menarik, karena membuka cakrawala baru untuk kami mahasiswa arsitektur yang sedang jenuh , karena waktu itu tidak ada mata pelajaran yang menarik. Mata kuliah ini menarik karena menantang kreativitas kita untuk membuat sesuatu yang ‘utopia’ tapi juga masih dalam batas yang bisa dipertanggung jawabkan .

Intinya kita diberi pengetahuan/metoda  baru, bahwa Sistim bangunan sebenarnya terdiri dari sub-sistim yang bisa diurai sampai yang terkecil, tergantung bagaimana kita menguraikannya.

Dibawah ini adalah satu contoh yang dibuat oleh Ideabox, sebuah pabrik di  Oregon, USA. Mereka sudah membuat semua komponen siap pasang dan siap pakai. Kita tidak perlu lagi susah payah,  bahkan tak perlu menggunakan sebuah alat apapun. Mengapa? karena pihak penjual yang akan memasangnya sampai jadi. Ini berlainan kalau kita membeli perabot Ikea. Kita harus memasangnya satu persatu dengan membaca manual atau deskripsi yang diberikan bersama perabot.

Perusahaan yg berasal dari Oregan -USA ini asalnya adalah sebuah perusahaan Design-Build. Merekalah yang memulai membuat Aktiv, yang merupakan sistim berasal dari Swedia , yang dipasok oleh Ikea . Rumah prefab Ikea ini baru dipasarkan minggu lalu kepadapara konsumen .

Merancang Rumah Prefab Ikea.

Gagasan ini dimulai 6 tahun yang lalu oleh Jim Russell,CEO Ideabox.  Ini semua bermula , ketika dia menyadari ternyata banyak sekali orang yang berminat — ratusan email masuk hanya dalam beberapa hari setelah dia memamerkan rumah prefab Ikea yang pertama  di sebuah pameran rumah di Portland.

Sebenarnya rumah prefab Ikea, tidak sepenuhnya barasal dari Ikea, tapi Ikea mempunya andil yang besar dalam pengembangannya yang mengabungkan keinginan Russell untuk membuat rumah prefab kecil dengan kemampuan rancangan yang efisien dari Ikea serta  hemat ruang.

Hasil kerjasama ini menghasilkan sebuah produk yang sepenuhnya memakai semua komponen dan perabot dari Ikea.

Sumber : Popular Mechanics

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s